ORIENTASI RUSWAS KPRI UNDIP

Mengawali pengabdiannya, Pengurus Pengawas (RUSWAS) KPRI UNDIP periode 2022-2027 mengadakan kegiatan Orientasi. Orientasi diselenggarakan pada tanggal 12, 13, 14, 19, dan 20 April 2022.  Satu hari disajikan satu materi yang dimulai jam 13.30 sampai dengan jam 15.00 WIB

Tujuan diselenggarakannya Orientasi ini dimaksudkan agar RUSWAS periode ini segera memahami permasalahan yang ada di KPRI UNDIP untuk kemudian merumuskan pemecahannya. Di samping itu, juga untuk menggali potensi yang dapat dikembangkan serta mengembangkan kegiatan-kegiatan yang selama ini telah berjalan di KPRI UNDIP.

Bulan Prabawani, S.Sos.MM, Ph.D selaku Ketua KPRI UNDIP menyampaikan harapannya  kepada  RUSWAS untuk dapat mengikuti orientasi ini di sela-sela kesibukan sebagai Dosen/Tenaga Kependidikan.

Adapun materi yang diharapkan bermanfaat untuk RUSWAS berkisar tentang informasi kegiatan/ usaha yang selama ini  dilaksanakan di KPRI UNDIP. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemateri yang ditunjuk adalah Manajer dan Kepala Divisi KPRI UNDIP.

Materi yang disajikan meliputi

  1.  Profil KPRI UNDIP yang disajikan oleh Manajer meliputi Sejarah, Keanggotaan, Unit Usaha, Sumberdaya Manusia, Simpanan Anggota, Sisa Hasil Usaha, Pengembangan Usaha, Sistem Informasi, masalah  dan tantangan KPRI UNDIP di masa yang akan datang.
  2. Berkaitan dengan Administrasi Umum dan Kerumahtanggaan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Umum dan Kerumahtanggaan menyampaikan antara lain Administrasi Ketatausahaan, Kepegawaian, Kerumahtanggaan, dan Piranti Lunak yang telah diamanfaatkan oleh Divisi Umum dan Kerumahtanggan. Disampaikan pula tentang masalah-masalah yang dihadapi pada Divisi Umum dan Kerumahtanggaan.
  3. Berkaitan dengan Akuntansi dan Keuangan yang sampaikan oleh Kepala Divisi Akuntansi dan Keuangan. Hal yang disampaikan antara lain tentang Penyusunan Neraca, Rugi Laba, Aset, Penghapusan dan lain-lain. Disampaikan pula mengenai permasalahan yang dihadapi pada Divisi Akuntansi dan Keuangan.
  4. Unit Usaha Pertokoan disampaikan oleh Kepala Divisi Pertokoan menyajikan tentang tata cara memperoleh barang dagangan, sistem pembayaran dengan supplier, perhitungan pendapatan dan biaya, Pajak Pertambahan Nilai barang yang dijual dan Penghapusan Barang. Selanjutnya juga disampaikan permasalahan yang dihadapi dan persaingan dengan k
  5. Terkait dengan Simpan dan Pembiayaan (Simpan Pinjam) yang disampaikan oleh Kepala Divisi Simpan Pinjam disampaikan tentang tata cara pengajuan pinjama, Jasa, Proteksi, dan Simpanan Anggota. Selanjutnya disampaikan pula masalah yang dihadapi pada Divisi Simpan Pinjam serta persaingan dengan Kompetitor di luar KPRI UNDIP.

Dengan materi tersebut, RUSWAS berharap dapat segera menyusun program pengabdian selama  kurun waktu 5 (lima) tahun yang terkait dengan Visi dan Misi yang akan datang  (yyk)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Halo ! Saya ingin tanya .................